This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[unik] Ini 7 Jenis Tumbuhan Karnivora Terganas di Berbagai Penjuru Dunia

fenifuah.blogspot.com - Sebagaimana yg kita tau bahwa di dunia ni Tuhan telah menciptakan hewan dgn kelompok diantaranya adlh karnivora, herbivora, dan omnivora. Sedangkan pd umumnya tumbuhan tak dpt dikategorikan sebagai karnivora, herbivora, maupun omnivora. Pasalnya, makanan tumbuhan adlh sinar matahari, air, dan karbondioksida. Meskipun begitu, rupanya ada jg tumbuhan yg memangsa makhluk hidup lainnya. Karenanya tanaman jenis ni disebut sebagai tumbuhan karnivora. Sedikitnya ada tujuh spesies tumbuhan terganas. Mari kita simak bersama-sama!

1. The Venus Fly Trap (Dionaea muscicapula)

Ini 7 Jenis Tumbuhan Karnivora Terganas di Berbagai Penjuru Dunia
Venus penangkap lalat (penangkap lalat Venus), Dionaea muscipula, merupakan jenis tanaman karnivora asli untk lahan basah subtropis di Pantai Timur Amerika Serikat. Tanaman ni menangkap serangga dan arakhnida mangsa utamanya dgn struktur perangkap yg dibentuk oleh bagian terminal dari masing-masing daun tanaman dan dipicu oleh rambut-rambut kecil pd permukaan batin mereka. Ketika serangga / laba-laba merayap di sepanjang daun kontak rambut, maka perangkap akan langsung menutup dlm waktu dua puluh detik dari serangan pertama. Mekanisme yg terkunci akan menutup perangkap yg melibatkan interaksi kompleks antara elastisitas, turgor dan pertumbuhan.

2. Waterweel Plant (Aldrovanda)
Ini 7 Jenis Tumbuhan Karnivora Terganas di Berbagai Penjuru Dunia

Aldrovanda adlh genus dari tanaman karnivora yg hanya menyisakan satu spesies saja sedangkan spesies lain dari genus ni telah punah. Satu-satunya spesies, ditemukan di Eropa, Asia, Afrika dan Australia, tinggal di dlm air. Perangkap diatur di sekitar pertengahan, batang mengambang bebas. Perangkap terdiri dari dua lobus yg flip bersama untk membentuk sebuah snap-trap seperti buku yg terbuka. Perangkap ini, yg memutar sehingga titik bukaan perangkap luar, dibatasi di dlm oleh lapisan yg bagus memicu rambut, menjentikkan tutup sebagai tanggapan terhadap kontak dgn invertebrata air dan perangkap mereka.

3. Tanaman Cobra / California Pitcher Plant (Darlingtonia)
Ini 7 Jenis Tumbuhan Karnivora Terganas di Berbagai Penjuru Dunia

Darlingtonia californica jg disebut tanaman pitcher California, cobra lily, / tanaman cobra, adlh spesies tanaman karnivora, satu-satunya anggota dari genus Darlingtonia dlm keluarga Sarraceniaceae. Ini adlh tumbuhan asli California Utara dan Oregon, tinggal di rawa dan di air yg mengalir. Nama "cobra lily" berasal dari kemiripan tubular yg daun kobra pemeliharaan, lengkap dgn daun bercabang - mulai dari kuning ke hijau lembayung yg menyerupai taring / lidah ular. Daun berbentuk tabung yg tampak seperti kobra dgn daun bercabang. Tidak seperti tumbuhan kendi lain, sebab daunnya tak menghasilkan apa pun enzim pencernaan. Tanaman ni ditemukan pd tahun 1841 oleh ahli botani William D. Brackenridge di Gunung Shasta.

4. Portuguese sundew (Drosophyllaceae lusitanicum)
Ini 7 Jenis Tumbuhan Karnivora Terganas di Berbagai Penjuru Dunia

Drosophyllaceae merupakan salah satu suku anggota tumbuhan berbunga. Menurut Sistem klasifikasi APG II suku ni dimasukkan ke dlm bangsa Caryophyllales, klad dikotil inti tapi tak termasuk ke dlm dua kelompok besar, rosids dan asterids. Ini adlh tanaman asli Portugal, Spanyol dan Maroko, dan merupakan salah satu dari beberapa tanaman karnivora tumbuh di tempat kering, tanah alkalin. Tanaman ni memiliki aroma yg berbeda, yg menarik mangsa serangga di atas. Serangga yg tertangkap oleh lendir yg dikeluarkan oleh kelenjar yg terdapat pd daun.

5. North American Pitcher Plant (Sarracenia)
Ini 7 Jenis Tumbuhan Karnivora Terganas di Berbagai Penjuru Dunia

Sarracenia adlh genus yg terdiri dari 8 sampai 11 spesies dari Amerika Utara. Tanaman pitcher, biasa disebut pitcher terompet. Genus ni berkerabat dgn Sarraceniaceae, yg jg mengandung genera serumpun Darlingtonia dan Heliamphora. Sarracenia adlh genus tanaman karnivora asli di pesisir timur, Texas, wilayah Great Lakes dan tenggara Kanada, dgn sebagian besar spesies yg terjadi hanya di selatan bagian timur Amerika Serikat. Daun tanaman telah berevolusi menjadi corong untk perangkap serangga, mencerna mangsanya dgn protease dan enzim lainnya. Serangga tertarik oleh sekresi nektar seperti di bibir pitchers, serta kombinasi warna dan aroma.

6. Pitcher Plants (Nepenthes)
Ini 7 Jenis Tumbuhan Karnivora Terganas di Berbagai Penjuru Dunia

Pitcher Plants merupakan jenis tanaman karnivora yg berbeda yg telah berevolusi pd daun dikenal sebagai perangkap. Mekanisme menjebak mangsa dgn cara menampilkan rongga mendalam diisi dgn cairan. Genus Nepenthes, yg termasuk dlm familia monotipik, terdiri dari 130 spesies dan belum termasuk hibrida alami maupun buatan. Mungkin memiliki perangkap yg paling spektakuler, bahkan di antara yg paling canggih fungsionalnya. Tanaman ni tumbuh dari Madagaskar dan Asia tenggara ke timur laut Australia.

7. Mocassin Plant / Western Australian Pitcher Plant (Cephalotus)
Ini 7 Jenis Tumbuhan Karnivora Terganas di Berbagai Penjuru Dunia

Cephalotus merupakan satu genus anggota tumbuhan berbunga, dgn satu anggota, Cephalotus follicularis, sejenis tumbuhan penjerat dari Australia. Berasal dari barat daya Australia. Selain itu, anaman ni jg memiliki Pitcher, tapi lebih pendek dgn mulut yg lebih luas dan mangsanya lebih berkumpul.

0 Response to "[unik] Ini 7 Jenis Tumbuhan Karnivora Terganas di Berbagai Penjuru Dunia"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *