This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

Sup Telur Puyuh dengan Sosis, Makaroni & Sayuran - Ikan Air Laut

Sup Telur Puyuh dengan Sosis, Makaroni & Sayuran
fenifuah.blogspot.com - Sup. Satu kata yg tersusun dari tiga huruf ni luar biasa populer. Mengacu pd sejenis masakan dimana bahan-bahannya direbus dlm air yg banyak hingga matang. Simple, tapi variannya yg tak terbatas membuat anda bisa berkreasi dgn bebas dan mudah memasukkan bahan apapun yg anda miliki di rumah. Terkadang masakan ni diremehkan karena begitu umum dan mudah dibuat, tapi ketika anda sedang flu berat seperti saya kali ni maka kebutuhan akan sup melebihi kebutuhan lainnya (dalam hal makanan tentunya). Kuah hangatnya begitu nyaman mengalir di kerongkongan, membuat batuk pun menjadi teredam, hidung yg mampet menjadi lega, badan terasa hangat dan yg jelas perut pun kenyang karena aneka sayuran, sosis, pasta dan telur yg saya masukkan ke dalamnya. Tidak perlu menyantapnya dgn makanan lainnya, karena sup ni lengkap dgn karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Jadi ayo kita buat sup hari ini! ^_^

Sup Telur Puyuh dengan Sosis, Makaroni & SayuranSup Telur Puyuh dengan Sosis, Makaroni & Sayuran
Menurut sejahrawan, kehadiran sup di muka bumi ni mungkin setua sejarah memasak. Kegiatan menggabungkan berbagai bahan di dlm wadah yg besar untk menciptakan makanan yg bernutrisi, mengenyangkan, mudah dicerna, dan mudah dibuat memang tak terelakkan. Sup menjadi pilihan sempurna bagi mereka yg hidup menetap ataupun yg berpindah-pindah, kaya / miskin, mereka yg sehat / yg sedang sakit. Hidangan ni kemudian berkembang tergantung dari bahan-bahan yg tersedia di daerah tersebut dan selera masyarakat sekitar. Di Inggris dikenal sup bernama chowder, di Spanyol bernama gazpacho, Rusia menyebutnya dgn borscht, Italia kita mengenal minestrone, French onion atau sup bawang dari Perancis, won ton sup dari China dan masih banyak varian lainnya.

Sup Telur Puyuh dengan Sosis, Makaroni & SayuranSup Telur Puyuh dengan Sosis, Makaroni & Sayuran
Kata sup berasal dari bahasa Perancis soupe (yang berarti sup / kaldu), yg muncul melalui bahasa Vulgar Latin suppa (roti yg direndam di dlm kaldu) dari sumber bahasa Germanic, yg jg menyebutnya dgn kata 'sop', sepotong roti yg digunakan untk menyerap kuah sup / kaldu yg kental. Kata restaurant (yang berarti 'menyimpan sesuatu') pertama kali digunakan di Perancis pd abad ke 16, mengacu pd sup sangat kental dan murah yg dijual oleh para pedagang di tepi jalan (street vendor).

Sup sangat mudah dicerna dan sejak jaman kuno sering kali dianggap sebagai makanan bagi mereka yg sedang sakit. Industri restaurant modern dikatakan berawal dari sup. Kaldu kental (broth), bouillon, dan consomme merupakan jenis sup yg umumnya di perjualbelikan pd saat itu. Kuliner klasik Prancis memberikan banyak andil untk menciptakan aneka jenis sup yg kita kenal saat ini. Kemajuan ilmu pengetahuan memungkinkan sup untk hadir dlm aneka bentuk yg mudah untk dibawa, misalnya sup yg dikalengkan, dikeringkan dlm bentuk bubuk / sup yg hanya perlu di microwave untk memasaknya.

Sup Telur Puyuh dengan Sosis, Makaroni & Sayuran
Oke, sekarang kembali ke sup yg saat ni saya tampilkan. Sup ni menggunakan aneka sayuran yg ada di kulkas saya waktu itu. Oyong alias gambas merupakan salah satu sayuran favorit saya karena rasanya yg lembut dan lezat. Ibu saya sering memasaknya bersama dgn mi so-un dlm kuah yg banyak dan makanan itu dipercaya bisa mengobati panas dalam. Anda tentu saja bisa menggunakan jenis sayuran lainnya karena sup ni terbuka untk imajinasi terliar anda sekalipun akan sayuran. Sebagai proteinnya saya menggunakan sosis dan telur puyuh. Sengaja saja mengukus telur puyuh dlm cetakan muffin silicone seperti gambar di atas, agar tampilannya sedikit berbeda. Tapi untk versi simple-nya anda bisa langsung merebus telur utuh bersama kulitnya, mengupasnya dan menggunakannya di dlm masakan. Protein lainnya yg bisa digunakan misalnya potongan daging ayam, bakso sapi, / irisan tipis daging sapi.

Sup Telur Puyuh dengan Sosis, Makaroni & Sayuran
Sebenarnya saya jarang memasukkan makaroni di dlm sup, karena membuat kuah menjadi keruh dan kental. Tapi karena ingin sup yg lebih mengenyangkan maka saya menambahkan segenggam makaroni. Sedikit pasta tak akan berpengaruh banyak pd kuah, apalagi cairan yg saya gunakan cukup banyak. Untuk bumbunya, anda bisa menumisnya sebentar / langsung direbus bersama kaldu. Biasanya jika ingin versi praktis saya langsung menceburkan bumbu ke dlm kuah. Tapi untk rasa dan aroma yg lebih nendang maka menumisnya sebentar dgn margarine akan membuat sup menjadi terasa lebih istimewa.

Berikut resep dan prosesnya ya.

Sup Telur Puyuh dengan Sosis, Makaroni & Sayuran
Sup Telur Puyuh dgn Sosis, Makaroni dan Sayuran Resep hasil modifikasi sendiri
Untuk 4 porsi

Tertarik dgn resep sup sayuran lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Sup Ayam, Jagung Manis, Asparagus dan Jamur Kancing
Sup Senerek: Sup Kacang Merah dgn Daging Sapi & Wortel ala Magelang
Sup Seafood dan Sayuran: Lezat, segar, bergizi!

Bahan:
- 10 butir telur puyuh rebus- 2 batang sosis, iris melintang 1 cm
- 600 ml air kaldu ayam/sapi- 1 genggam makaroni spiral- 1/2 batang wortel, potong dadu
- 2 buah oyong, kupas dan potong-potong dgn ketebalan 2 cm

Bumbu:- 1/2 buah bawang bombay, rajang setipis mungkin- 4 siung bawang putih dihaluskan- 1 sendok teh merica bubuk- 2 batang daun bawang, rajang halus - 1 batang seledri, rajang halus - 1/2 sendok makan garam
Cara membuat:

Sup Telur Puyuh dengan Sosis, Makaroni & Sayuran
Siapkan cetakan muffin silicone, pecahkan masing-masing telur ke dlm cetakan. Kukus hingga matang dan lepaskan dari cetakan, sisihkan.

Siapkan semua sayuran lainnya.

Sup Telur Puyuh dengan Sosis, Makaroni & Sayuran
Siapkan panci, masukkan 1 sendok makan margarine. Tumis bawang bombay hingga harum dan tampak sedikit karamel. Masukkan bawang putih, tumis hingga bawang harum dan matang.

Masukkan sosis, tumis sebentar. Tambahkan kaldu panas, garam dan merica. Masak hingga mendidih. Masukkan makaroni. Masak hingga pasta empuk dan matang.

Tuangkan sayuran, dimulai dari sayur yg memiliki tekstur keras. Jika sayur sudah setengah matang, masukkan sayuran yg lebih lunak. Masak hingga empuk dan matang. Cicipi rasanya, sesuaikan garam.

Saat akan dihidangkan masukkan telur puyuh kukus, daun bawang dan seledri cincang. Sajikan panas-panas. Yummy!

Sources:
Wikipedia - Soup
Food Timeline - Food Soups

other source : http://justtryandtaste.com, http://liputan6.com, http://twitter.com

0 Response to "Sup Telur Puyuh dengan Sosis, Makaroni & Sayuran - Ikan Air Laut"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *