This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

Cara Praktis Membuat Motor Lebih Ngacir | Tarikan Ngejoss - Facebook

fenifuah.blogspot.com - Motor pabrikan dgn kondisi standar memang telah disetting dgn kondisi jalan di Indonesia. Untuk itu saat motor dipakai untk jarak jauh seakan tak maksimal / terasa tak bertenaga. Bagaimana cara atasinya?
Ada berbagai cara untk membuat motor lebih ngacir saat melaju tanpa biaya besar. Tarikan motor standar terasa agak berat, kurang responsif / dikatakan lelet bisa disebabkan dari berbagai faktor.
Pertama karena kondisi standar yg telah disesuaikan untk penggunaan dlm kota. Kedua karena penggunaan bahan bakar tak sesuai standar dan ketentuan pabrik. Dan yg ketiga karena tak rajin dlm merawat motor.
Jika masalah yg terjadi pd motor karena faktor kedua dan ketiga, maka jangan harap motor bisa ngacir. Jika karena faktor masalah pertama menjadi kendala, sebaiknya 6 cara jitu berikut bisa dicoba.

1. 9Power
Cara Praktis Membuat Motor Lebih Ngacir | Tarikan Ngejoss
Tarikan / tenaga motor kurang bisa dikarenakan dari sistem kelistrikan yg tak maksimal. Arus listrik yg kurang pd busi bisa sebabkan pembakaran kurang maksimal dan bahkan menjadi boros.
Cara pertama dgn produk 9Power yg seharga sekitar Rp 39 ribuan. Perangkat sederhana dgn bentuk kecil ni memiliki manfaat memperlancar arus listrik dari koil. Sehingga pembakaran bisa lebih maksimal dan konsumsi BBM jadi sedikit lebih irit.
Cara Pemasangannya :
Cara Praktis Membuat Motor Lebih Ngacir | Tarikan Ngejoss

2. Power Blazzing
Cara Praktis Membuat Motor Lebih Ngacir | Tarikan Ngejoss
Sama dgn halnya 9Power, Power Blazzing merupakan perangkat digital yg bekerja menyempurnakan sistem kelistrikan kendaraan. Hanya saja bedanya Power Blazzing langsung terhubung dgn sistem Accu/Aki.
Power Blazzing yg dibanderol sekitar Rp 180 ribu ni memiliki lebih banyak manfaat di antaranya:

Hemat BBM hingga 20% (Akan terasa pd beberapa motor tertentu)
Tarikan motor jadi lebih SPONTAN
Getaran mesin jadi halus dan mesin jadi lebih dingin
Umur pemakaian Aki/Accu motor lebih lama
Kelistrikan Lancar
CDI, KOIL lebih stabil
Cara Praktis Membuat Motor Lebih Ngacir | Tarikan Ngejoss

3. Busi Iridium
Cara Praktis Membuat Motor Lebih Ngacir | Tarikan Ngejoss
Jika sistem kelistrikan sudah beres dan lancar tak ada salahnya untk mencoba mengganti busi dgn model iridium. Dengan menggunakan busi iridium kendaraan baik mobil dan motor diklaim oleh pabrikan akan memiliki pembakaran lebih sempurna.
Kembali dgn prinsip awal di atas semakin bagus pembakaran maka mesin akan hasilkan tenaga maksimal dan emisi gas buang jg lebih bersih. Busi iridium berkualitas biasa akan dibanderol jauh lebih mahal ketimbang busi biasa.
Bahkan 1 busi bisa mencapai di atas Rp 100 ribu (tergantung merk). Dan sebagai catatan saat membeli busi iridium harus pastikan sesuai dgn ketentuan pabrikan. (Lihat dlm buku manual motor)

4. Gear Ratio
Cara Praktis Membuat Motor Lebih Ngacir | Tarikan Ngejoss
Jika beberapa cara sebelumnya masih kurang bisa mencoba cara jitu ni dgn bermain pd gear rasio / Final Gear (SPROCKET). Tapi sebelumnya harus diketahui bahwa asal mengganti tanpa perhitungan sesuai, bisa jadi tenaga motor jadi lebih loyo.
Pabrikan motor men-setting agar cocok digunakan dlm kota jg dari gear rasio. Makin besar rasio gear, maka akselerasi semakin mantap tapi top speed menurun. Begitu pula sebaliknya rasio gear kecil tarikan kurang, top speed bertambah.
Jadi jika penggunaan sehari-hari Anda banyak di kota kondisi gear rasio standar sebenarnya sudah cukup. Tapi apabila berada di daerah pegunungan dan perbukitan maka sangat cocok menggunakan gear rasio besar. Karena gear rasio besar sama jg torsi (momen puntir) meningkat.
Tapi apabila motor sering dipergunakan dlm kota dan perjalanan jauh bisa mencoba dgn menurunkan gear rasio sedikit lebih kecil.
Contoh : Gear belakang Yamah Vixion standart berukuran 42 sedangkan gear depan 14. Maka gear rasionya adlh 42:14=3, apabila mengganti dgn ukuran 44 maka akselerasi meningkat tapi top speed loyo.
Sebaliknya jika gear belakang diganti dgn 40 maka rasionya menjadi 2, 8. Dengan rasio gear seperti ni akselerasi sedikit turun tapi top speed meningkat. Jika ingin akselerasi dan top speed mantap bisa mencoba mengganti gear depan juga.
Catatan: untk penggantian optimal gear baik depan maupun belakang, sebaiknya tak lebih dan tak kurang dari 3 digit. Jika menggunakan profil ban lebih besar jg jangan mengganti ukuran gear lebih kecil, karena bobot bertambah memerlukan momen puntir lebih besar.
Untuk mudahnya, bisa meniru / mencontoh gear rasio pd sebuah sepeda seperti di bawah ini. Semakin kecil gear maka top speed meningkat, semakin besar tarikan ringan.
Cara Praktis Membuat Motor Lebih Ngacir | Tarikan Ngejoss

5. Knalpot
Cara Praktis Membuat Motor Lebih Ngacir | Tarikan Ngejoss
Cara selanjutnya adlh mengganti saluran gas buang alias knalpot. Banyak anggapan mengganti knalpot kendaraan menjadi sangat boros. Pernyataan ni memang tak salah tapi jg kurang tepat.
Sebab jika mengikuti prosedur yg tepat, mengganti knalpot yg benar dan sesuai bisa tingkatkan tenaga tapi jg tak terlalu boros. Modifikasi knalpot sebaiknya membeli produk aftermarket yg sudah memiliki kualitas dan kuantitas, bukan knalpot abal-abal.
Seperti halnya knalpot NOB1 yg dibanderol dgn harga terjangkau. Pada produk terbaru NOB1 Neo Silent Sport, diklaim tenaga motor bertambah tapi polusi suara jg sangat kecil alias tak berisik. Selain itu konsumsi BBM jg tak akan menjadi boros.
Selain NOB1 di pasaran jg masih banyak merk lain yg tak kalah bagus. Tapi segi harga yg akan menjadi pembanding utama. Penggantian knalpot harus memilih kualitas peredam suaranya. Sebab motor akan digunakan sehari-hari bukan untk di arena balap.

6. Porting Polish
Cara Praktis Membuat Motor Lebih Ngacir | Tarikan Ngejoss
Porting polish dan Papas head mesin jg bisa membantu membuat kendaraan makin ngacir. Modifikasi mesin ni dilakukan dgn cara men-setting ulang lubang masuk/keluar di silinder head.
Hal ni biasa dilakukan agar campuran bahan bakar dgn udara yg masuk ke ruang bakar menjadi lebih optimal. Sedangkan papas head adlh langkah yg dilakukan untk menaikkan kompresi motor.

Hal ni dilakukan dgn cara membubut/memapas head silinder. Tapi risiko pd motor yg sebelumnya memiliki nilai kompresi layak pakai bahan bakar premium harus beralih menggunakan bbm beroktan tinggi seperti Pertamax / Pertamax Plus.
Cara ni terbukti dpt meringankan tarikan kendaraan baik motor maupun mobil. Tapi untk melakukan proses porting polish dan papas head harus dilakukan di bengkel yg benar-benar ahli dan memiliki peralatan lengkap. Agar tak terjadi kesalahan / bahkan kerusakan pd mesin yg tak diinginkan.

other source : http://stackoverflow.com, http://carazone.com, http://liputan6.com

0 Response to "Cara Praktis Membuat Motor Lebih Ngacir | Tarikan Ngejoss - Facebook"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *