This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[Diet Sehat] Manfaat Luar Biasa Olahraga Saat Puasa

fenifuah.blogspot.com - Jika hanya dibayangkan, anjuran olahraga saat puasa adlh sesuatu yg menyiksa diri. Lagi berjuang menahan lapar, badan lemas, lesu, dan kurang tenaga malah disuruh olahraga. Pastilah semakin terasa lapar dan haus, badan semakin lemas, dan tak bertenaga. Tahukah Anda, itu hanyalah bayangan semu, yg tak akan terjadi jika Anda benar-benar melakukan olahraga di bulan Ramadhan.

Bagi orang yg jarang berolahraga / tak pernah sama sekali, bayangan semu tersebut akan menghinggapi dirinya. Tetapi bagi mereka yg sudah rutin berolahraga, akan selalu berupaya untk tetap berolahraga meskipun sedang berpuasa. Karena mereka telah merasakan manfaat luar biasa dari olahraga, terutama olahraga di bulan puasa.

Manfaat Luar Biasa Olahraga Saat Puasa
Olahraga Saat Puasa agar Detoksifikasi Tubuh Tetap Lancar Detoksifikasi / pengeluaran racun dlm tubuh terjadi pd saat sistem pencernaan kita bekerja. Bila kita sedang puasa berarti sistem pencernaan kita sedang istirahat. Di sinilah pentingnya berolahraga saat puasa. Olahraga akan mengoptimalkan sirkulasi darah dan fungsi kelenjar getah bening. Dengan demikian detoksifikasi dlm tubuh tetap berjalan lancar.

Pernyataan di atas bukan berarti puasa akan menghentikan proses detoksifikasi tubuh. Pernyataan di atas artinya kita jangan hanya bermalas-malasan saat puasa, jangan hanya tidur dan main game sambil menunggu adzan maghrib. Saat puasa kita harus tetap melakukan aktivitas fisik seperti biasanya agar detoksifikasi tubuh tetap berjalan lancar.

Tidurnya orang yg sedang berpuasa memang berpahala. Tetapi tak berarti kita terus-terusan tidur hingga menjelang berbuka puasa. Artinya, tidur saja berpahala apalagi melakukan aktivitas yg bermanfaat, termasuk aktivitas yg bermanfaat bagi kesehatan tubuh, yaitu berolahraga.

Puasa itu sehat karena akan mengistirahatkan organ-organ pencernaan kita. Olahraga di saat puasa lebih sehat lagi karena organ-organ pencernaan yg beristirahat tersebut tetap berfungsi normal. Organ-organ pencernaan tersebut tetap mendapat aliran darah yg lancar sehingga tetap berfungsi optimal. Ibarat pegawai, di masa cuti tetapi tetap mendapat gaji.
Olahraga Saat Puasa akan Mengusir Rasa Malas dan Mengantuk Orang yg merasa badannya lemas, malas, mengantuk saat berpuasa disebabkan karena aktivitas fisiknya rendah. Akan terasa sangat lapar dan haus jika kita hanya tidur dan bermalas-malasan saat puasa. Apalagi tidur di pagi hari, bangun tidur badan terasa lemas. Jam 10 pagi sudah terasa lapar dan haus.

Untuk mengatasinya, lakukan aktivitas fisik seperti biasanya. Lakukan yg ringan-ringan saja, yg penting ada aktivitas. Aktivitas fisik dan berolahraga dpt mengubah energi cadangan / lemak tubuh menjadi glukosa yg akan mengusir rasa lesu, letih, malas, dan mengantuk. Selain itu, selama berolahraga tubuh melepaskan hormon endorfin yg membuat kita merasa senang dan bersemangat.

Berolahraga Saat Puasa Dapat Menurunkan Berat Badan Tanpa olahraga, sebenarnya puasa justru akan menaikkan berat badan karena nafsu makan semakin tak terkontrol saat berbuka puasa. Orang yg rutin berolahraga meskipun saat puasa, fungsi organ tubuhnya berjalan normal sehingga ia akan makan sesuai kebutuhan tubuh. Sedangkan orang tak pernah olahraga akan cenderung mengisi perut sesuai keinginan hawa nafsu. Ia cenderung melakukan upaya 'balas dendam' saat berbuka puasa karena seharian tak makan.

Bagi Anda yg mempunyai masalah berat badan, inilah saat yg tepat untk menurunkannya. Berolahraga saat perut kosong adlh jawabannya. Pembakaran yg terjadi saat berolahraga adlh pembakaran energi cadangan yg berupa lemak tubuh. Anda akan mendapatkan tubuh yg kencang tanpa lipatan-lipatan lemak. Tubuh Anda akan menjadi ideal dan proporsional jika momen ni bisa Anda manfaatkan dgn baik dan benar.

Tips Berolahraga Saat Puasa Saat berpuasa kondisi tubuh memang tak seperti biasanya. Perut kosong dan kurang bertenaga. Tetapi kondisi ni tak boleh menghalangi kita untk tetap berolahraga dan melakukan aktivitas fisik lainnya. Tetap lakukan olahraga karena mempunyai manfaat yg luar biasa bagi kesehatan kita.

Lakukan Olahraga Ringan, Hindari Olahraga Berat Tujuan berolahraga adlh demi kesehatan tubuh kita. Karena itu lakukan olahraga yg ringan-ringan saja, tak perlu melakukan olahraga yg berat-berat, apalagi saat berpuasa. Kita cukup melakukan stretching (peregangan) / senam. Bila masih kuat bolehlah jalan kaki 20 menit / bahkan jogging (lari-lari kecil).

Olahraga yg berat justru akan menguras tenaga dan membuat tubuh menjadi lemas. Keringat yg keluar bercucuran akan membuat dehidrasi. Olahraga yg seperti inilah yg justru menyiksa tubuh kita. Lakukan sewajarnya dan sekuatnya saja, yg penting ada aktivitas fisik.

Waktu yg Tepat Berolahraga Saat Puasa adlh Sore Hari Waktu berpuasa jangan melakukan aktivitas fisik yg berat di pagi dan siang hari. Tenaga yg Anda dapatkan waktu makan sahur akan habis di tengah jalan. Tubuh Anda akan lemas, kelelahan, kelaparan, dan dehidrasi sebelum waktu berbuka puasa tiba. Hematlah tenaga Anda waktu pagi dan siang hari, tetapi jangan digunakan untk bermalas-malasan.

Waktu yg tepat untk melakukan olahraga di bulan Ramadhan adlh sore hari. Kira-kira 30 - 60 menit sebelum berbuka puasa. Ini saatnya membakar sisa kalori Anda. Bahkan mungkin akan membakar energi cadangan yg berupa lemak tubuh. Lakukan olahraga ringan tiap sore 15 - 20 menit saja.

Simak juga, Olahraga itu Ibadah.

Demikian berbagi informasi tentang Manfaat Luar Biasa Olahraga Saat Puasa. Semoga bermanfaat.

0 Response to "[Diet Sehat] Manfaat Luar Biasa Olahraga Saat Puasa"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *