This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

Ciri-Ciri Ubi Jalar Telah Berbuah Banyak

fenifuah.blogspot.com - Ubi jalar merupakan tanaman dari jenis pangan yg lebih banyak mengandung komposisi zat gizi karbohidrat. Layaknya ubi kayu (singkong), ubi jalar jg telah menolong manusia dari krisis pangan di Indonesia pd era tahun 60-an, dimana pd saat itu Indonesia cukup kehabisan makanan pokok harian, sehingga singkong dan ubi jalar (mantang) menjadi alternatif untk mencukupi kebutuhan masyarakat setempat.

Ubi jalar telah banyak dibudidayakan oleh banyak petani di nusantara. Pembudidayaan tanaman yg cukup mudah sehingga masyarakat petani paling gemar membudidaya tanaman ini.

Cara penanaman, perawatan, dan pemilihan lingkungan tanam yg sesuai dgn kondisi cuaca dan iklim di daerah setemat jg terbukti berpengaruh terhadap produktivitas hasil panen ubi jalar. Sehingga petani harus paham betul terkait dgn kondisi di lingkungan dimana akan diadakan kegiatan budidaya.

Ciri-Ciri Ubi Jalar Telah Berbuah Banyak
Pengecekan Tanaman Ubi Jalar Telah Berbuah, Foto Original Oleh: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Selama dlm perawatan tanaman mulai dari tanam awal hingga pemanenan, biasanya para petani akan kebingungan, terkait dgn ciri-ciri dari ubi jalar telah berbuah seperti apa. Berikut ni beberapa ciri dari ubi jalar yg telah menghasilkan buah (umbi).

  • Pada beberapa ruas batangnya terdapat daun yg sudah mulai berguguran, beberapa daunnya ada yg sudah berwarna cokelat dan / menguning;
  • Di sekitar pusat tumbuh tanaman tanahnya sudah ada yg retak-retak yg merupakan pertanda bahwa tanaman ubi jalar telah menghasilkan buah. Sebagai eksperimen, sebenarnya anda dpt langsung mendongker (mengorek tanah) hingga muncul/ditemukan adanya umbi yg membesar pd beberapa tanaman;
  • Pada bagian batang tanamannya biasanya telah membesar, serta getah berwarna putih dari derivat epidermis batangnya telah mulai berkurang;
  • Beberapa ruas batang tanaman sudah banyak yg merunduk ke bawah tanah, serta telah banyak yg menjalar ke segala arah.
Itulah tadi penjelasan terkait beberapa ciri-ciri dari ubi jalar yg telah menghasilkan buah.
Ciri-Ciri Ubi Jalar Telah Berbuah Banyak
Ubi Jalar Berbuah Besar-Besar, Foto Original by: Guruilmuan (Wahid Priyono)


Semoga apa yg telah dijelaskan di atas dpt bermanfaat dan menambah referensi pengetahuan untk rekan-rekan petani dan pekebun dimana saja anda berada. Ayo berkebun, salam budidaya pertanian. Jangan lupa tambahkan wawasan anda dgn mengklik link artikel terkait tentang: Cara Budidaya Ubi Jalar Organik Agar Cepat Berbuah Lebat.

other source : http://wikipedia.org, http://dailymotion.com, http://guruilmuan.blogspot.com

1 Response to "Ciri-Ciri Ubi Jalar Telah Berbuah Banyak"

  1. Yth, Pemilik website: http://fenifuah.blogspot.co.id/,
    Perkenalkan saya Wahid Priyono, Pemilik website: http://guruilmuan.blogspot.co.id/, Mohon maaf, Jujur sekali saya sangat kecewa terkait dengan banyaknya artikel di blog saya yang anda tulis ulang/dicopas di blog ini dengan hanya merubah huruf "pd,yg,dpt,dll". Kemudian anda mencantumkan : http://wikipedia.org, http://dailymotion.com setelah judul artikel? Padahal kedua website tersebut tidak pernah menuliskan artikel tersebut. Isi artikel tersebut adalah sepenuhnya hasil tulisan original saya sendiri. Jadi saya meminta anda untuk menghapus atau memperbaiki link URL Blog saya, karena link tersebut mengarahkan pengunjung ke link adf.ly (bukan ke link aktif penulis aslinya, dan berpotensi menyesatkan pengunjung, karena google dan DMCA tidak menghendaki ini). Mohon kesadarannya. Saya tunggu respon dari anda. Terima kasih.

    ReplyDelete

Contact

Name

Email *

Message *